Tinta Epson C90 Boros!


Wuih.... Seneng banget rasanya ketika baru pertama kali beli Printer Epson C90. Pertimbangan saya ketika itu adalah karena printer ini disamping harganya murah, trus kualitas cetaknyapun OK punya..

Printer Epson C90 memang unggul
dikelasnya dalam hasil cetak, terutama untuk mencetak gambar/foto. Hasilnya bening & memuaskan banget, apalagi kalau tintanya masih Tinta Original bawaan dari Epson. Tapi ternyata, dengan hasil cetak yang memuaskan tersebut saya harus rela menguras kocek untuk sering membeli tinta baru. Karena memang Printer Epson C90 sangatlah boros. Dulu ketika hendak membeli printer baru, saya beranggapan bahwa dengan teknologi terbaru dari Epson, yaitu Cartridge yang di bagi menjadi 4 (CMYK), sehingga jika salah satu tinta kita habis, maka hanya tinta tersebutlah yang kita ganti, sehingga akan lebih menghemat biaya. Tidak seperti kebanyakan printer lain yang hanya 2 Cartridge, yaitu Cartrdige Black & Cartridge Warna (RGB) dalam satu Cartridge.

Tapi ternyata, masalah yang timbul ad
alah ketika ada 2 atau 3 tinta kita yang habis, dan yang satu lagi masih berisi. Permisalannya ketika Tinta warna Cyan, Magenta dan Yellow kita habis, dan yang tersisa adalah Tinta Black, maka printer tidak bisa mengecetak, walaupun yang kita butuhkan hanyalah warna Hitam saja. Printer tidak bisa digunakan mencetak sebelum Cartridge yang kosong diganti dengan yang baru. Bila ada 3 Cartrige yang kosong maka sekitar Rp. 150.000,- (@Rp.50.000,-/cartridge) harus kita keluarkan untuk membeli tinta yang baru, baik itu yang Original/Compatible, karena sepengetahuan saya Cartridge Epson tidak bisa diRefill, dan kalaupun bisa, maka sering bermasalah dan dapat merusak Head printer.

Maka kesimpulannya adalah tetap saja dengan teknologi terbaru tersebut kita malah dirugikan, karena mau tak mau keempat Cartridge-nya harus selalu terisi tidak boleh kosong.

Solusi yang dapat kita gunakan adalah:

1. Memasang Tinta dengan sistem Infus. Ini akan lebih ekonomis, dan tahan lama, meskipun pada awalnya kita membayar mahal sekitar Rp.250.000,- s/d Rp.350.000,-, tetapi dapat dipakai sangat lama. Dan kelemahannya adalah, jika kita jarang mencetak, maka tinta akan cepat beku, dan akan sangat repot tentunya. Maka kami sarankan bila Intesitas mencetaknya jarang, lebih baik tidak menggunakan Sistem Infus.


2. Pilih Printer lain, seperti Canon atau HP. Karena jika keperluan kita lebih banyak mencetak teks, maka jangan pilih Epson, karena akan sangat boros tinta. Disebabkan Printer Epson memang diciptakan untuk kualitas Foto.

3. Kalau mau tetep i
rit dengan jenis printer apaun, maka ada cara yang paling Jitu. Yaitu: "JANGAN SERING-SERING NGEPRINT!, he2...he2..

Sekian ulasanku mengenai Printer Epson C90, selanjutnya Terserah Anda....

Salam,

Abu Fadheel Tiar


1 komentar:

Omah mengatakan...

Tnx infonya. Aku juga pernah kasus kaya gitu, tapi untungnya Bapak ku Jago ngotak-ngatik print, jd bisa menghemat biaya untuk memperbaiki print. Hehe..

11 September, 2011 12:41